Abstract:
Lokasi adalah tempat perusahaan akan beroprasi untuk melakukan
berbagai kegiatan, lokasi yang strategis dapat memudahkan nasabah bertransaksi
dan memberi pengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menabung. Pelayanan
merupakan tingkat kualitas dapat dicapai secara konsisten dengan memperbaiki
pelayanan dan memberikan perhatian khusus dapat mempengaruhi tingkat
keputusan pada nasabah karna kehandalan dalam memberikan pelayanan
menyebabkan nasabah merasa puas. Keputusan adalah tindakan dalam suatu
masalah atau problema untuk menentukan piliha.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi dan
pelayanan terhadap keputusan nasabah untuk menabung di BMT El-Munawar
Medan.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan studi dokumentasi
dan angket dengan teknik analisis data menggunakan asumsi klasik, regresi linear
berganda, uji-t, uji-F, dan koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian
ini menggunakan program software SPSS (statistic package for the social sciens)
21 for windows.
Hasil regres linier berganda Y= 4.580+ 0,556X1 + 0,188 X2 + e Dari uji t
variable lokasi diperoleh thitung 3.615 > 2.069 ttabel , menunjukkan ada pengaruh
signifikan antara variable lokasi terhadap keputusan nasabah. Kemudian variable
pelayanan nilai thitung 2,914 > 2,069 ttabel ada pengaruh signifikan antara variable
pelayanan terhadap keputusan nasabah.
Uji F diperoleh nilai Fhitung pada tabel adalah 8.989 > 3,442 Nilai koefisien
determinasi diperoleh 0,450 atau 45,0% menunjukkan 45,0 variabel keputusan
nasabah (Y) dipengaruhi lokasi (X1) dan pelayanan (X2). Sisanya 55%
dipengaruhi oleh variable yang tidak diteliti dalam penelitian ini.