dc.description.abstract |
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
sains permulaan di RA Nurul Hadina Patumbak. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus
dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat
pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek
penelitian adalah anak kelompok B di RA Nurul Hadina Patumbak yang berjumlah 15
orang anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwasebelum
tindakan dilakukan, diketahui bahwa kemampuan sains permulaan anak kelompok B di
RA Nurul Hadina Patumbak masih sangat rendah karena hanya mampu mencapai nilai
39,99 % dengan kriteria “kurang”. Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan
menerapkan metode eksplorasi yaitu kemampuan sains permulaan anak meningkat lebih
baik pada tingkat ketercapaian sebesar 58,32 % dengan kriteria “cukup”. Pada
pelaksanaan tindakan siklus II dengan kembali menerapkan metode eksplorasi yang
berbeda kemampuan sains permulaan anak meningkat lebih baik dengan ketercapaian
tindakan sebesar 76,66 % dengan kriteria “baik”.Selanjutnya, pada siklus III dengan
kembali menerapkan metode eksplorasi yang berbeda kemampuan sains permulaan anak
meningkat jauh lebih baik dengan ketercapaian tindakan sebesar 93,32 % dengan kriteria
“baik sekali”. Atas dasar hal tersebut, kepada pihak guru hendaklah lebih kreatif dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga anak mudah memahami materi yang
diajarkan.
. |
en_US |