Abstract:
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama
melalui penerapan meodel pembelajaran kooperatif pada anak di RA Islamiyah Tanjung
Morawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatf dengan pendekatan Penelitian
Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapan-tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian
berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah anak di RA
Islamiyah Tanjung Morawa yang berjumlah 15 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian
yang dilakukan diketahui bahwa kemampuan kerjasama pada anak di RA Islamiyah
Tanjung Morawa sudah sangat baik setelah dilakukannya tindakan melalui metode
kooperatif, dimana anak mengerti pentingnya salaing bekerjasama dalam kelompok.
Penerapan model pembelajaran kooperatif pada anak di RA Islamiyah Tanjung Morawa
dilakukan dengan bermain balok dan puzzle huruf dimana masing-masing kelompok
diberikan tugas untuk diselesaikan secara bersama-sama. Peningkatan kemampuan
kerjasama melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada anak di RA Islamiyah
Tanjung Morawa sudah sangat baik. Pada saat sebelum tindakan, diketahui kemampuan
kerjasama anak hanya mencapai nilai 32,50 %. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I
maka kemampuan anak meningkat menjadi 55,00 % dan terus meningkat pada tindakan
siklus II sebesar 71,67 % serta pada siklus III sebagai akhir tindakan peningkatan terjadi
sebesar 84,99 % dengan kategori baik.