Abstract:
Judul penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak dalam membaca Iqra`
melalui permainan aksara hijaiyah di RA Al-Munawwaroh Suka Cerdas Medan Johor.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini apakah kemampuan membaca Iqra`
meningkat setelah menerapkan permainan aksara hijaiyah pada anak RA AlMunawwaroh
Suka Cerdas Medan Johor. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan membaca Iqra` melalui permainan aksara hijaiyah pada anak
RA Al-Munawwaroh Suka Cerdas Medan Johor. Penelitian yang dilakukan adalah
penelitian tindakan kelas dengan melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki
pembelajaran berdasarkan hasil refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ada beberapa
tahapan yang seharusnya dilakukan yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Acting),
pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Hasil penelitian tindakan kelas ini
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca Iqra` yang terjadi sejak
siklus I, dan terus berlanjut hingga siklus II, dan III. Berdasarkan hasil observasi pra
siklus dapat diketahui bahwa secara keseluruhan rata-rata hasil penelitian dari sejak pra
siklus hingga siklus III, dimana pada pra siklus rata-rata yang diperoleh adalah 33,75%,
pada siklus I naik menjadi 55%, pada siklus II naik lagi menjadi 65%, pada siklus III
naik lagi menjadi 92,5%. Hasil penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa melalui
permainan aksara hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan membaca Iqra` pada anak
RA Al-Munawwaroh Suka Cerdas Medan Johor