Abstract:
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
kreativitas anak kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam,
untuk mengetahui penggunaan media kertas kokoru dalam kegiatan pembelajaran di RA
Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam, untuk mengetahui peningkatan
kreativitas melalui penggunaan media kertas kokoru pada anak kelompok B di RA
Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dimana tiap
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data utama
penelitian adalah lembar observasi kemampuan anak dan kemampuan guru. Subjek
penelitian adalah 22 anak kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama
Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
kreativitas anak kelompok B di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam
telah berkembang dengan baik setelah dilakukan tindakan dengan melaksanakan kegiatan
membentuk, menggunting, menggulung dan melipat kertas dengan media kokoru yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Kemudian, penggunaan media kertas kokoru dalam
kegiatan pembelajaran di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam
dilakukan dengan perencanaan dan pelaksanaan yang matang serta dengan jenis kertas
kokoru dan kegiatan yang bervariasi sehingga mampu meningkatkan antusias anak untuk
melakukan kegiatan yang dilaksanakan dalam pembelajaran. Selanjutnya diketahui bahwa
peningkatan kreativitas melalui penggunaan media kertas kokoru pada anak kelompok B
di RA Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Lubuk Pakam terjadi secara bertahap
dimana sebelum dilakukan tindakan diketahui kreativitas anak masih belum berkembang
maksimal karena hanya mencapai nilai 34,82 % dengan kriteria kurang. Setelah dilakukan
tindakan pada siklus I kreativitas anak meningkat dengan nilai 69,69 % dengan kriteria
cukup, dan pada tindakan siklus II semakin meningkat mencapai nilai 96,97 % dengan
kriteria Baik sehingga tindakan dinyatakan berhasil.