dc.description.abstract |
Rendahnya sikap menghargai orang lain pada anak di RA Babul Ilmi
Rantauprapat sangat perlu diatasi dengan upaya tindakan yang sistematis. Tujuan
utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap menghargai orang lain pada
anak melalui penerapan metode diskusi. Subjek penelitian ini adalah anak di RA
Babul Ilmi Rantauprapat yang berjumlah sebanyak 17 anak. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga
siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan
tanya jawab. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sikap
menghargai orang lain pada anak dapat ditingkatkan melalui metode diskusi.
Kegiatan diskusi yang dilakukan dengan langkah-langkah yang baik dan
terbimbing mampu memunculkan berbagai sikap dalam kelompok. Proses
interaksi anak dalam kegiatan diskusi membuat anak belajar mengembangkan
sikap toleransi yaitu menghargai perbedaan dengan bersabar, mengembangkan
sikap tenggang rasa dan menahan emosi ketika melihat adanya perbedaan, serta
tidak mudah menghina dan memaksakan kehendak pada orang lain untuk
kepentingan diri sendiri. Tingkat capaian hasil sikap anak pada saat prasiklus
sebesar 23,53 % dengan kategori penilaian “Kurang”. Pada siklus I sikap
menghargai orang lain pada anak meningkat menjadi 50,00 % dengan kategori
“Cukup”. Peningkatan yang terjadi pada siklus II semakin baik sebesar 85,25 %
dan siklus III sebesar 94,12 % dengan kategori yang sama “Baik Sekali”. Dengan
demikian, guru harus terus berupaya meningkatkan sikap menghargai anak
melalui berbagai kegiatan atau penggunaan metode belajar yang tepat |
en_US |