DSpace Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Permainan Tinta Kristal di Kelompok b TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14

Show simple item record

dc.contributor.author Harison, Fakhrunisa
dc.date.accessioned 2020-11-12T05:06:17Z
dc.date.available 2020-11-12T05:06:17Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10827
dc.description.abstract Kemampuan sains adalah suatu kapasitas berbagai tugas dalam suatu pekerjaan tertentu. Sains adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang fakta dan teori-teori yang mampu menjelaskan terhadap suatu peristiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa permainan tinta Kristal dapat meningkatkan kemampuan sains anak. Karena pada hakikatnya setiap anak adalah seorang ilmuwan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). PTK merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran, dan mencoba hal-hal baru dalam pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran. Adapun penelitian pendekatan ini dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melakukan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil belajar anak dapat menigkat. Sedangkan analisis data pada penelitian ini adalah hasil observasi aktifitas guru dan anak, hasil wawancara, hasil catatan lapangan, dan hasil evaluasi anak. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK ABA 14 yang terdiri dari 15 anak, 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, hasil kerja dan dokumentasi. Sedangkan hasil penelitian mengenai kemampuan sains anak melalui permainan tinta Kristal pada Pra Siklus tergolong rendah yaitu dengan rata-rata 10%, pada siklus I mencapai 23,5%, siklus II meningkat mencapai 41,5 %, pada siklus III naik mencapai 83,5%. Hasil pelaksanaan PTK dari mulai Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, Siklus III dapat disimpulkan bahwa kemampuan sains anak melalui permainan tinta Kristal pada kelompok B di TK ABA 14 meningkat en_US
dc.subject Kemampuan Sains en_US
dc.subject Permainan Tinta Kristal en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Permainan Tinta Kristal di Kelompok b TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account