dc.description.abstract |
Kemampuan sains adalah suatu kapasitas berbagai tugas dalam suatu pekerjaan
tertentu. Sains adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang fakta dan teori-teori yang
mampu menjelaskan terhadap suatu peristiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bahwa permainan tinta Kristal dapat meningkatkan kemampuan sains anak. Karena pada
hakikatnya setiap anak adalah seorang ilmuwan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). PTK
merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh
guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru,
memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran, dan mencoba hal-hal baru dalam
pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran. Adapun penelitian
pendekatan ini dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang,
melakukan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan
untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil belajar anak dapat menigkat. Sedangkan
analisis data pada penelitian ini adalah hasil observasi aktifitas guru dan anak, hasil
wawancara, hasil catatan lapangan, dan hasil evaluasi anak. Subjek penelitian ini adalah
anak kelompok B di TK ABA 14 yang terdiri dari 15 anak, 7 anak laki-laki dan 8 anak
perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, hasil kerja dan dokumentasi.
Sedangkan hasil penelitian mengenai kemampuan sains anak melalui permainan tinta
Kristal pada Pra Siklus tergolong rendah yaitu dengan rata-rata 10%, pada siklus I
mencapai 23,5%, siklus II meningkat mencapai 41,5 %, pada siklus III naik mencapai
83,5%. Hasil pelaksanaan PTK dari mulai Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, Siklus III dapat
disimpulkan bahwa kemampuan sains anak melalui permainan tinta Kristal pada
kelompok B di TK ABA 14 meningkat |
en_US |