dc.description.abstract |
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan anak menyampaikan ide atau gagasan melalui penerapan
pembelajaran dialog interpersonal di RA Al Muttaqin. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas
yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa
observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Subjek penelitian adalah anak kelompok
B di RA Al-Muttaqin Sunggal yang berjumlah 15 orang anak. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan diketahui bahwa kegiatan peningkatan kemampuan
mengemukakan ide atau gagasan melalui kegiatan pembelajaran dialog
interpersonal pada anak kelompok B di RA Al-Muttaqin Sunggal telah berjalan
dengan baik. Dari hasil observasi pada setiap akhir kegiatan sejak prasiklus
hingga siklus II telah terjadi peningkatan secara bertahap. Pada kondisi awal
kemampuan mengemukakan ide atau gagasan anak tergolong rendah yaitu sebesar
35,56 % dengan kategori kurang. Pada tindakan siklus I persentase kemampuan
meningkat menjadi 62,22 % dengan kategori baik, dan pada akhir siklus yaitu
siklus II peningkatan kemampuan mengemukakan ide atau gagasan anak menjadi
semakin baik dengan persentase sebesar 91,11 % dengan kategori baik sekali
sehingga penelitian telah berhasil |
en_US |