Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf
melalui media puzzle huruf di RA Ar-Rahmah Rahuning Kabupaten Asahan. Penelitian
ini dilakukan di RA Ar-Rahmah Rahuning Kabupaten Asahan. Subjek dalam penelitian
ini adalah anak-anak RA Ar-Rahmah Rahuning Kabupaten Asahan yang berjumlah 20
orang anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, unjuk kerja serta dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif interpretatif.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui media puzzle huruf dapat
meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada anak RA Ar-Rahmah Rahuning
Kabupaten Asahan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan ratarata
dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas.
Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan
peningkatan kemampuan mengenal huruf anak yaitu pada pra siklus 20 %, selanjutnya
siklus 1 rata-ratanya 48,75%, siklus 2 rata-ratanya 80% dan pada siklus 3 rata-rata
yang diperoleh anak adalah 91,25%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa melalui media puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan
pengenalan huruf di RA Ar-Rahmah Rahuning Kabupaten Asahan