Abstract:
Penelitian ini berjudul Peran selebgram akun Wardah Maulina terhadap
keputusan untuk bercadar (studi pada anggota Nattawardah Medan). Penelitian ini
di latarbelakangi karena semakin banyaknya wanita-wanita muda yang memakai
cadar. Wanita-wanita bercadar ini akan lebih mudah ditemui di lingkungan
kampus. Seiring dengan hal tersebut di dunia maya seperti instagram telah banyak
menampilkan wanita bercadar salah satunya adalah Wardah Maulina. Penelitian
ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada peran selebgram Wardah Maulina
dalam pengambilan keputusan untuk bercadar. Penelitian ini menggunakan teori
new media dan teori pemikiran kelompok. Dalam mengumpulkan data peneliti
melakukan observasi terhadap akun instagram Wardah Maulina dan wawancara
mendalam dengan anggota Nattawardah Medan. Penelitian ini menggunakan
metodologi penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Peneliti menemukan
tiga peran Wardah Maulina dalam pengambilan keputusan mereka dalam bercadar
yaitu merubah persepsi dan memberikan motivasi serta sebagai sosok inspiratif.