Abstract:
Perkembangan jaman membuat media cetak semakin tertinggal akibat
adanya perkembangan media online yang memacu orang untuk menggunakan
perangkat elektronik seperti handphone (HP), smartphone, tablet, laptop, dan
sebagainya. Alat – alat tersebut lebih mudah dibawa dan dapat digunakan dengan
mudah dibawa kemana saja dibandingkan dengan berlembar – lembar kertas
seperti majalah, koran. Akses melalui internet inilah yang memudahkan orang
untuk menggunakan media massa online. Berdasarkan perumusan masalah diatas,
maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan Media
Online terhadap eksistensi Media Cetak di Medan khususnya pada koran Tribun.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
korelasional, yaitu menganalisis data dan mencari tingkat hubungan antara
variabel yang satu dengan variabel yang lainnya dengan melakukan pengujian
hipotesis. Setelah melalui proses perhitungan, maka sampel pada penelitian ini
berjumlah 43 responden dengan responden penelitian masyarakat pelanggan
Koran Tribun di Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Dari hasil perhitungan diatas diperoleh nilai rᵪ ᵧ
0,49 dan r tabel yaitu 0,294 dengan jumlah responden 43 orang dengan taraf
signifikan. Dengan ketentuan, jika r hitung ≤ dari r tabel, maka Ho diterima dan
Ha ditolak. Berarti, menurut hasil dari perhitungan tidak terdapat pengaruh
perkembangan media online terhadap eksistensi media cetak di Medan. Adanya
perkembangan media online di tengah-tengah media cetak tidak mempengaruhi
eksistensi media cetak untuk tetap terbit dan menjadi bacaan masyarakat Kota
Medan. Terbukti dengan adanya hasil penelitian penulis, menekankan bahwa
media cetak masih tetap dihargai dan diminati oleh masyarakat, meskipun media
online mengalami perkembangan yang pesat dengan fitur dan aplikasi-aplikasi
canggihnya serta tidak pungkiri bahwa masyarakat juga menyukai membaca berita
media online. Masih ada segelintir masyarakat yang masih ragu dengan berita
yang sering diberitakan oleh media cetak.