Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9959
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSimbolon, Meliana-
dc.date.accessioned2020-11-10T08:50:04Z-
dc.date.available2020-11-10T08:50:04Z-
dc.date.issued2018-03-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9959-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan buku teks Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai buku acuan dalam proses belajar mengajar terhadap kesalahan kalimat di buku teks Bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia sekolah menengah atas X penerbit KEMDIKBUD dengan penulis Suherli. Buku teks adalah sesuatu yang memungkinkan siswa belajar. Belajar adalah proses memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berguna untuk pengembangan diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana data yang di analisis tidak untuk menerima atau menolak hipotesis, melainkan hanya berupa deskripi yang tidak harus berbentuk angka-angka atau koefisien antar variabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan bahasa yang ditemukan di dalam buku terdiri dari kesalahan dalam ciri-ciri kalimat efektif, yaitu kesatuan gagasan, kesepadanan, keparalelan, kehematan, kecermatan, kebervariasian, ketegasan, ketepatan diksi, kebenaran sutuktur dan keringkasan. Upaya untuk mengatasi kesalahan bahasa adalah peningkatan penguasaan kompetensi kaidah Bahasa Indonesia yang kompleks dan peningkatan kesadaran upaya pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia.en_US
dc.subjectkesalahan bahasaen_US
dc.subjectbahasa indonesiaen_US
dc.titleAnalisis kesalahan bahasa buku teks bahasa indonesia edisi revisi 2016 siswa kelas X SMA tahun pembelajaran 2017-2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MELIANA SIMBOLON.pdf1.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.