Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9946
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Ahmad Razali-
dc.date.accessioned2020-11-10T08:34:26Z-
dc.date.available2020-11-10T08:34:26Z-
dc.date.issued2018-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9946-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran reflektif, untuk mengetahui jumlah dan tingkat kemampuan menulis cerpen menggunakan model konvensional, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMK Swasta Yayasan Wanita Kereta Api Tahun Pembelajaran 2017 – 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari kelas AP,AK,TL dan TKJ dengan jumlah 96 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas AP ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas TKJ sebagai kelas control dengan jumlah siswa 24 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, instrument penelitian ini menggunakn tes esai. Berdasarkan teknik analisis data, hasil penelitian ini rata – rata sebesar 81,54 dengan menggunakan model pembelajaran Reflektif dengan rincian siswa memperoleh nilai 80 – 100 sangat baik 16 orang (66,67%) dan siswa yang memperoleh nilai 66 – 79 baik 8 orang (33,33%) oleh siswa kelas X SMK Swasta Yayasan Wanita Kereta Api Medan Tahun Pembelajaran 2017 – 1018. Nilai rata – rata sebesar 71,22 dengan menggunakan model konvensional dengan rincian siswa yang memperoleh nilai 80 – 100 sangat baik 1 orang (4,16%), siswa yang memperoleh nilai 66 – 79 baik 21 orang (87,5%) dan siswa yang memperoleh nilai 56 – 65 cukup 2 orang(8,34%). Model pembelajaran Reflektif lebih berpengaruh dalam menulis cerpen dibandingkan dengan model konvensional. Selanjutnya pengujiian hipotesis thitung>ttabelyaitu (3,34 > 1,678). Dengan demikian Hipotesis berbunyi terdapat “pengaruh model pembelajaran Reflektif terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMK Swasta Yayasan Wanita Kereta Api Medan Tahun Pembelajran 2017 – 2018.en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Reflektif Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Oleh Siswakelas X Smk S Yayasan Wanita Kerata Api Medan Tahun Pembelajaran 2017 – 2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AHMAD RAZALI NASUTION.pdf2.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.