Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9906
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBangun, Maghfira Suci Ramadhani-
dc.date.accessioned2020-11-10T08:02:24Z-
dc.date.available2020-11-10T08:02:24Z-
dc.date.issued2018-04-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9906-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk memahami makna dan nilai-nilai pendidikan novel Lampau karya Sandi Firly. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data penelitian novel Lamapu karya Sandi Firly ini berjumlah 345 halaman yang diterbitkan oleh penerbit GagasMedia, cetakan pertama, 2013. Data penelitian ini adalah struktur dan nilai-nilai pendidikan dalam novel. Metode pengumpulan data dengan metode deskriptif dan instrumen penelitiannya adalah pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membaca novel Lampau karya Sandi Firly dengan berulang-ulang, memahami isi cerita dan mengaitkan sesuai dengan masalah, mengumpulkan data, mendeskripsikan dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini dapat menjawab pernyataan penelitian bahwa terdapat keterkaitan antara unsur intrinsik tema, latar, tokoh dan watak sehingga menghasilkan makna yang menyeluruh pendidikan dalam novel Lampau karya Sandi Firly mencakup nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya. Keterkaitan unsur intrinsik dan nilai-nilai pendidikan pada penelitian ini adalah digambarkan dengan kata-kata, kalimat, dan dialog dalam cerita novel. Unsur tema digambarkan dengan perjuangan, unsur tokoh dan penokohan digambarkan dengan orang-orang yang mendukung maupun menentang perjuangan seorang anak dalam menggapai cita-citanya, unsur latar tempatnya dari Loksado ke pesantren di Banjar Baru lalu ke Jakarta dan kembali lagi ke Loksado. Nilai pendidikan religiusnya digambarkan dengan pentingnya beribadah dan mendalami agama Islam. Nilai pendidikan moral digambarkan dengan sikap hormat terhadap guru. Nilai pendidikan sosial digambarkan dengan ringannya tangan dalam menolong sesama. Nilai pendidikan budaya digambarkan dengan kebudayaan warga Loksado yang beragama Kaharingan. Nilai-nilai pendidikan dalam novel ini dinilai baik karena banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari para tokoh.en_US
dc.subjectStruktur dan nilai-nilai pendidikanen_US
dc.subjectnovelen_US
dc.titleAnalisis struktur dan nilai-nilai pendidikan novel lampau karya Sandi Firlyen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MAGHFIRA SUCI RAMADHANI BR. BANGUN.pdf592.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.