Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9889
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAsri, Liliana Cantadori-
dc.date.accessioned2020-11-10T07:47:20Z-
dc.date.available2020-11-10T07:47:20Z-
dc.date.issued2018-09-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9889-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran demontrasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 103 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X-Unggul sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-IS sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 13 dan 40 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen. Teknik penelitian ini menggunakan rumus mencari nilai rata-rata dan standar deviasi sebagai langkah-langkah dalam menghitung hasil data yang diperoleh oleh siswa. Instrumen (alat pengumpul data) yang digunakan adalah tes esai. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil pengelolahan data dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran demontrasi berada pada tingkat baik sekali dan diketahui siswa paling banyak mendapat nilai 80-100 berjumlah 10 siswa. Nilai rata-rata sebesar 85,23 dikategorikan baik sekali, dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 75. Sedangkan kemampuan menulis puisi yang diajarkan dengan pembelajaran ceramah berada pada tingkat baik dan diketahui siswa paling banyak mendapat nilai 40 – 55 berjumlah 28 siswa. Nilai rata-rata sebesar 55,025 dikategorikan kurang, dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 40. Berdasarkan uji-t hipotesis diterima bahwa thitung > ttabel yaitu 83,9>1,675. Ada Pengaruh Model Pembelajaran Demontrasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.en_US
dc.subjectModel pembelajaran demonstrasien_US
dc.subjectkemampuan menulis puisien_US
dc.titlePengaruh model pembelajaran demontrasi terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas X Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2017-2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI LILIANA CANTADORI ASRI.pdf2.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.