Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9888
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020” |
Authors: | Caniago, Erika |
Keywords: | Hasil Belajar Matematika;Assurance Relevance Interest Assessment;Sattisfaction (ARIAS);Model Pembelajaran |
Issue Date: | 10-Oct-2019 |
Abstract: | Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 08 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh harga thitug (9,8162) setelah dibandingkan dengan ttabel (2,0017).Ternyata thitung(9,8162) > ttabel (2,0017) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9888 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ERIKA CANIAGO.pdf | 727.64 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.