Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9888
Title: Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020”
Authors: Caniago, Erika
Keywords: Hasil Belajar Matematika;Assurance Relevance Interest Assessment;Sattisfaction (ARIAS);Model Pembelajaran
Issue Date: 10-Oct-2019
Abstract: Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 08 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh harga thitug (9,8162) setelah dibandingkan dengan ttabel (2,0017).Ternyata thitung(9,8162) > ttabel (2,0017) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 08 Medan T.P 2019/2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9888
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ERIKA CANIAGO.pdf727.64 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.