Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9875
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSaragi, Elpa Rianti Romauli-
dc.date.accessioned2020-11-10T07:33:43Z-
dc.date.available2020-11-10T07:33:43Z-
dc.date.issued2019-10-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9875-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan bahan ajar berupa modul pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas dan kemandirian siswa pada materi sistem persamaan linear tiga tiga variabel di kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga (YPK) Medan T.P 2019/2020. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapan bahan ajar berupa modul pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas dan kemandirian siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga (YPK) Medan T.P 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 SMA Yayasan Pendidikan Keluarga (YPK) Medan T.P 2019/2020 yang terdiri dari 24 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan bahan ajar berupa modul pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes untuk efektivitas sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi untuk kemandirian yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran materi sistem persamaan linear tiga variabel. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 2 siswa (8,33%) yang tuntas serta 22 siswa (91,66%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa (54,16%) yang tuntas, pada siklus II meningkat lagi menjadi 20 siswa (83,33%) yang tuntas. Hasil observasi di kelas pada tahap awal memperoleh rata-rata 1,30 kategori kurang, siklus I mengalami peningkatan dari tahap awal memperoleh rata-rata 2,6 kategori baik, dan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 3,60 kategori sangat baik. Hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan bahan ajar berupa modul pembelajaran pada siswa SMA YPK Medan T.P 2019/2020 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar dan aktivitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh maka didapat kesimpulannya yaitu bahan ajar berupa modul pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas dan kemandirian pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X IPA-2 SMA Yayasan Pendidikan Keluarga (YPK) Medan T.P 2019/2020.en_US
dc.subjectBahan Ajaren_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectKemandirianen_US
dc.titlePenerapan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Efektivitas dan Kemandirian Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga (YPK) Medan T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ELPA RIANTI ROMAULI SARAGI.pdf630.68 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.