Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9559
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSundari, Yeni-
dc.date.accessioned2020-11-10T03:35:49Z-
dc.date.available2020-11-10T03:35:49Z-
dc.date.issued2018-04-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9559-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa Kelas X Akuntansi SMK Swasta ArRahman Medan setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pokok pencatatan transaksi dalam akun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan lembar observasi. Dari hasil penelitian adanya peningkatan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa pada materi pokok pencatatan transaksi dalam akun. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siklus I dimana ketuntasan hanya 55,17% dengan jumlah siswa 16 orang, pada siklus II meningkat menjadi 86,21% dengan jumlah siswa 25 orang. Kemampuan berpikir siswa juga semakin meningkat dimana pada siklus I ini terdapat 10 (34,48%) siswa untuk kategori kurang kritis, 8 (27,59%) siswa untuk kategori cukup kritis, 11 (37,93%) siswa untuk kategori kritis dan tidak ada siswa untuk kategori sangat kritis dan tidak kritis dan pada siklus II terdapat 2 orang siswa (6,90%) untuk kategori sangat kritis, 18 orang siswa (62,07%) untuk kategori kritis, dan 9 orang siswa (31,03%) untuk kategori cukup kritis. Dari data ini, kita dapat melihat bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan secara signifikan dan ketuntasan belajar siswa tercapai.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learningen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMK Swasta Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf841.77 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.