Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9537
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018
Authors: Berutu, Susilawati
Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournaments;Hasil Belajar Akuntansi
Issue Date: 26-Mar-2018
Abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI IPS yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah 39 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah seluruh kelas XI IPS yang berjumlah 39 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian menggunakan angket sebanyak 15 item dan tes tertulis sebanyak 10 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan, uji hipotesis, analisis regresi linear sederhana, dan koefisien determinasi. Dari perhitungan diperoleh bahwa nilai thitung untuk variabel X sebesar 16,356. Untuk n = 39, diperloleh dk = n-2 = 39 – 2 = 37. Dengan α = 0,05, diperoleh ttabel = 1,686. Karena nilai thitung (16,356) > ttabel (1,686), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap hasil belajar. Dari perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan : Y = 45,606 + 0,696X. Ini menunjukan bahwa setiap peningkatan persamaan regresi linier untuk model pembelajaran Teams Games Tournaments maka akan terjadi peningkatan sebesar 0,696 Nilai koefisien determinasi sebesar 0,879 menujukan bahwa, model pembelajaran teams games tournaments mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa sebesar 0,879 x 100% = 87,9%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9537
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf555.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.