Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9527
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLinge, Iwan-
dc.date.accessioned2020-11-10T03:14:08Z-
dc.date.available2020-11-10T03:14:08Z-
dc.date.issued2018-07-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9527-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perbandingan kemampuan menemukan unsur intrinsik cerita fantasi antara yang menggunakan model Think Talk-Write (TTW) dan yang menggunakan Model Jigsaw Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari dua kelas. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat perbedaan hasil yang diperoleh pada kelas VII-A dan kelas VII-B. Pada kelas VII-A peneliti menggunakan model pembelajaran Jigsaw, sedangkan kelas VII-B menggunakan model pembelajaran Think-Talk Write. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essai kemampuan menemukan unsur intrinsik cerita fantasi dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk-Write dan model pembelajaram Jigsaw. Hasil penelitian ini berdasarkan persentase peringkat kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita fantasi dengan menggunakan model Jigsaw diketahui persentase nilai siswa ada pada rentang nilai 80-100 yaitu 72,3% dengan nilai rata-rata 86,6. Artinya kemampuan siswa berada pada tingkat sangat baik. Sedangkan, kemampuan menemukan unsur intrinsik cerita fantasi menggunakan model Think-Talk-Write persentase paling banyak pada rentang nilai 66-79 yaitu 38,9% dengan nilai rata-rata 74,6. Artinya kemampuan siswa berada ditingkat baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung 29,7. Selanjutnya thitung ini dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 34, diperoleh harga ttabel = 29,7 berarti thitung>ttabel yaitu 29,7>2.032 Dengan demikian, terlihat hasil perbandingan yang cukup signifikan penggunaan model Jigsaw dan model Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan menemukan unsur intrinsik cerita fantasioleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Tahun Pembelajaran 2017-2018 terbukti.en_US
dc.subjectIntrinsik cerita fantasien_US
dc.subjectmetode jigsawen_US
dc.titlePerbandingan kemampuan menemukan unsur-unsur intrinsik cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 tahun pembelajaran 2017-2018 menggunakan metode Think-Talk-Write (TTW) dan yang menggunakan metode jigsawen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IWAN LINGE.pdf2.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.