Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9455
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAsmara, Debby-
dc.date.accessioned2020-11-10T02:07:28Z-
dc.date.available2020-11-10T02:07:28Z-
dc.date.issued2019-10-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9455-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 49 T.P 2019/2020? (2) Berapa persen pengaruh pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 49 T.P 2019/2020? Penelitian ini bertujuan :(1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 49 T.P 2019/2020? (2) Untuk mengetahui berapa persen pengaruh pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 49 T.P 2019/2020? Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian adalah One-Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project pada kelas eksperimen dan menggunakan metode Konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 49semester genap T.P 2019/2020 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen 30 siswa di kelas VIII-A sedangkan untuk di kelas kontrol 30 siswa di kelas VIII-B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji hipotesis (uji-t) yaitu harga thitung = 3,483 setelah dibandingkan dengan ttabel = 1,832, ternyata thitung (3,483) > ttabel (1,832) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh model pembelajaran Missouri Mathemtics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 dengan pengaruh sebesar 51,86 %.en_US
dc.subjectMissouri Mathematics Projecten_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 49 T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DEBBY ASMARA.pdf2.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.