Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9453
Title: Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) pada siswa/i SMP Swasta Imelda Medan T.P 2018/2019
Authors: Siregar, Zaisah Musdianita
Keywords: Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments);Hasil
Issue Date: 10-Oct-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui empat siklus pembelajaran dengan tahap perencanaan, tindakan, observsi, dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa juga mengalami peningkatan dari 27,74% dikategorikan rendah pada siklus I menjadi 50,02 dikategorikan sedang pada siklus II menjadi 72,29 dikategorikan tinggi pada siklus III dan menjadi 82,86 dikategorikan tinggi pada siklus IV. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 9,68%, dan nilai rata-rata kelas 52,98%. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 25,81%, dan nilai rata-rata kelas 60,24%. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 54,84%, dan nilai rata-rata kelas 65,40%. Setelah pemberian tindakan III (siklus III) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 70,97%, dan nilai rata-rata kelas 71,45%. Setelah pemberian tindakan IV (siklus IV)diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 100%, dan nilai rata-rata kelas 83,,47%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas VII-B SMP Swasta Imelda Medan T.P 2018/2019.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9453
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ZAISAH MUSDIANITA SIREGAR.pdf702.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.