Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9436
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAulia, Dedek-
dc.date.accessioned2020-11-10T01:51:41Z-
dc.date.available2020-11-10T01:51:41Z-
dc.date.issued2019-10-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9436-
dc.description.abstractAdapun yang menjadi rumusal masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning?, Apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020 dengan penerapan model Problem Based Learning. Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Himpunan kelas VII-3 MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes untuk melihat ketercapaian peningkatan dalam pemahaman matematika siswa dan Observasi untuk melihat berpikir kritis siswa. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian sebanyak 2 tes yaitu tes siklus I, dan tes siklus II yang masing – masing terdiri dari 5 soal. Sementara, observasi dilakukan dengan mengamati kemampuan berpikir kritis siswa sesuai dengan indikator. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 di MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020 yang berjumlah 31 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini dari 31 siswa pada tes siklus I 17 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 54,83% pada tes siklus I ini yang menjadi tujuan penelitian ini belum tercapai dan observasi nilai rata – rata persentase berpikir kritis siswa 59,88% dengan kategori cukup, maka harus dilanjutkan pada siklus II. Hasil tes siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 22 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 70,96% dengan kategori baik. Dan observasi nilai rata – rata persentase 74,18% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pokok bahasan himpunan terjadi peningkatan berpikir kritis siswa kelas VII-3 di MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020.en_US
dc.subjectModel Problem Based Learningen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DEDEK AULIA.pdf1.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.