Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9216
Title: Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP Hang Tuah I Medan tahun pelajaran 2019/2020
Authors: Harahap, Yana Pratiwi
Keywords: Perangkat Pembelajaran Matematika;Pembelajaran Berbasis Masalah;Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Issue Date: 4-Oct-2019
Abstract: Skripsi ini membahas tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP Hang Tuah I Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan dengan mengacu pada model 4-D yang disarankan oleh Thiagrajan (1974) yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Hang Tuah I Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, lembar keterlaksanaan perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, angket respons peserta didik, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP, Bahan Ajar, dan LKPD adalah 3,6 berada pada kategori sangat valid karena setiap aspek untuk setiap jenis perangkat pembelajaran berada pada interval 3,5 ≤ ≤ 4, (2) Praktis berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata 1,88 berada pada kategori terlaksana seluruhnya 1,5 ≤ ≤ 2, (3) Efektif berdasarkan pengelolaan pembelajaran diperoleh rata-rata 3,41 berada pada kategori baik, aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik yakni 82,76%, respon peserta didik diperoleh 85,45%, respon positif terhadap Bahan Ajar dan LKPD adalah 87,27%, dan tes hasil belajar diperoleh 82,76% peserta didik yang nilainya tuntas. Dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba yang dilaksanakan, perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9216
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI YANA PRATIWI HARAHAP.pdf741.8 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.