Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9213
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorJhannitra, Wulan-
dc.date.accessioned2020-11-09T04:42:29Z-
dc.date.available2020-11-09T04:42:29Z-
dc.date.issued2019-10-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9213-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020, (2) mengetahui validitas pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020, (3) mengetahui efektifitas pengembangan perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII Terpadu-2 SMP Muhammadiyah 01 Medan. Objek penelitian ini adalah Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis open-ended problem. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development / R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develope). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LKPD. Berdasarkan hasil validasi ahli perangkat pembelajaran memnuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP 3,25 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKPD yaitu 3,8 dari skor rata-rata maksimal 4,00 dengan klasifikasi sangat baik. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajran digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan open-ended problem disimpulkan pada : (i) ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,4% pada uji coba dan (ii) ketercapaian indikator berada pada kriteria “Tuntas”en_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaran RPP dan LKPDen_US
dc.subjectOpen-ended Problemen_US
dc.titlePengembangan perangkat pembelajaran berbasis Open-ended problem pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WULAN JHANNITRA.pdf589.21 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.