Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9205
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Chintya Novita-
dc.date.accessioned2020-11-09T04:34:24Z-
dc.date.available2020-11-09T04:34:24Z-
dc.date.issued2019-10-01-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9205-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Auditory Intellectually Repetition efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas IX SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Istiqlal Deli Tua yang berjumlah 207 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-3 SMP Istiqlal Deli Tua berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IX-1 SMP Istiqlal Deli Tua berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Auditory Intellectually Repetition. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata kelas kontrol pada pre-test yaitu hasil belajar matematika siswa sebesar 46,5 dengan simpangan baku sebesar 9,4 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada post-test yaitu sebesar 68,0 dengan simpangan baku sebesar 9,3. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen pada pre-test yaitu hasil belajar matematika siswa sebesar 47,0 dengan simpangan baku sebesar 9,2 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada post-test sebesar 81,7 dengan simpangan baku sebesar 7,6. Pada uji normalitas dengan n = 30 pada taraf signifikasi ๐›ผ=0,05, maka data pre-test kelas kontrol diperoleh Lo (0,122) < Ltabel (0,161) dan kelas ekperimen diperoleh Lo (0,154) < Ltabel (0,161). Data post test kelas kontrol diperoleh Lo (0,099) < Ltabel (0,161) dan data post-test kelas ekperimen diperoleh Lo (0,134) < Ltabel (0,161). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test pada kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan n = 30 pada taraf signifikasi ๐›ผ=0,05, maka ๐นโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”<๐น๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ pada pre-test (1,03 < 1,85) dan ๐นโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”<๐น๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ pada post-test (1,52 < 1,85). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pada uji t diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”=6,239 , pada taraf signifikasi 0,05 dengan n = 30 didapat harga ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™=2,000. Karena ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘”>๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ atau 6,239 > 2,000 maka ๐ป๐‘œ ditolak. Pada uji gain ternormalisasi pada kelas kontrol sebesar 0,4 tergolong sedang sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,7 tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Auditory Intellectually Repetition efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020.en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectModel Auditory Intellectually Repetitionen_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.titleEfektivitas Model Auditory Intellectually Repetition Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CHINTYA NOVITA HARAHAP.pdf6.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.