Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9186
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs. Sabilal Akhyar Kwala Begumit Kecamatan Binjai T.P 2019/2020
Authors: Nasution, Chairunnisa
Keywords: Model Pembelajaran;Inside-Outside Circle;Motivasi;Hasil Belajar
Issue Date: 10-Oct-2019
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dan motivasi terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII di MTs. Sabilal Akhyar Kwala Begumit Kecamatan Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan isntrumen utama berupa angket dengan sampel penelitian sebanyak 35 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan pengkorelasian product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai korelasi sebesar 0,10 dengan tingkat korelasi sangat rendah, motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai korelasi sebesar 0,24 dengan tingkat korelasi rendah, dan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dan motivasi secara bersama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas tersebut dengan nilai korelasi sebesar 0,24 dengan tingkat korelasi rendah. Disarankan kepada guru mata pelajaran untuk meningkatkan kompetensi dan model- model pembelajaran yang mampu membuat siswa telebih aktif dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/9186
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CHAIRUNNISA NASUTION.pdf2.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.