Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/901
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Hafiz, Muhammad Amriza | - |
dc.date.accessioned | 2020-03-01T06:16:09Z | - |
dc.date.available | 2020-03-01T06:16:09Z | - |
dc.date.issued | 2018-08-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/901 | - |
dc.description.abstract | Keluarga merupakan sebuah institusi yang terbentuk karena ikatan perkawinan. Keluarga juga merupakan faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap tingkat prestasi belajar anak, baik di bidang akademik dan non akademik. Melalui komunikasi keluarga, anak belajar mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya serta menyimak nilai-nilai sosial. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola komunikasi keluarga pada siswa berprestasi di Sekolah Menengah Pertama. Subjek penelitian adalah anak yang mendapatkan ranking 1, 2 dan 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi keluarga siswa berprestasi cenderung menunjukkan kombinasi authoritarian, permissive, dan authoritative, namun diantara ketiga pola komunikasi tersebut, orangtua cenderung menggunakan pola komunikasi authoritative yaitu meskipun memberikan kebebasan, tetapi orangtua tetap memberikan tanggung jawab pada anak. Dengan demikian pola komunikasi keluarga siswa berprestasi lebih cenderung pada pola komunikasi gabungan antara authoritative dengan permissive. | en_US |
dc.subject | Pola komunikasi | en_US |
dc.subject | Prestasi belajar | en_US |
dc.subject | Anak | en_US |
dc.subject | Keluarga | en_US |
dc.title | Pola Komunikasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak (Studi Deskriptif Kualitatif pada Keluarga Siswa Berprestasi di SMPN 1 P.Berandan) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Pola Komunikasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak (Studi Deskriptif Kualitatif pada Keluarga Siswa Berprestasi di SMPN 1 P.Berandan).pdf | 542.92 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.