Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/901
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHafiz, Muhammad Amriza-
dc.date.accessioned2020-03-01T06:16:09Z-
dc.date.available2020-03-01T06:16:09Z-
dc.date.issued2018-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/901-
dc.description.abstractKeluarga merupakan sebuah institusi yang terbentuk karena ikatan perkawinan. Keluarga juga merupakan faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap tingkat prestasi belajar anak, baik di bidang akademik dan non akademik. Melalui komunikasi keluarga, anak belajar mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya serta menyimak nilai-nilai sosial. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola komunikasi keluarga pada siswa berprestasi di Sekolah Menengah Pertama. Subjek penelitian adalah anak yang mendapatkan ranking 1, 2 dan 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi keluarga siswa berprestasi cenderung menunjukkan kombinasi authoritarian, permissive, dan authoritative, namun diantara ketiga pola komunikasi tersebut, orangtua cenderung menggunakan pola komunikasi authoritative yaitu meskipun memberikan kebebasan, tetapi orangtua tetap memberikan tanggung jawab pada anak. Dengan demikian pola komunikasi keluarga siswa berprestasi lebih cenderung pada pola komunikasi gabungan antara authoritative dengan permissive.en_US
dc.subjectPola komunikasien_US
dc.subjectPrestasi belajaren_US
dc.subjectAnaken_US
dc.subjectKeluargaen_US
dc.titlePola Komunikasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak (Studi Deskriptif Kualitatif pada Keluarga Siswa Berprestasi di SMPN 1 P.Berandan)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.