Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8989
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUtama, Retno Dwi-
dc.date.accessioned2020-11-07T10:09:14Z-
dc.date.available2020-11-07T10:09:14Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8989-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam peneliti ini adalah bagaimana mengatasi penyesuaian diri siswa melalui Pendekatan Konseling Realita pada siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi penyesuaian diri siswa melalui Pendekatan Konseling Realita pada siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1, VIII-2, VIII-7 sebanyak 3 orang siswa yang kurang miliki penyesuaian diri siswa. Dan yang menjadi penelitian ini adalah Guru bimbingan dan konseling dan seluruh siswa instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini terjadi perubahan tingkah laku siswa yang sudah dapat mengatasi penyesuaian diri melalui pendekatan konseling realita di SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Sebelum di lakukannya konseling individual bahwasanya memang perilaku penyesuaian diri masih berkisar diantara 50% lalu setelah melakukan layanan konseling individual maka terjadi perubahan sebesar 75%. Jadi dapat di simpulkan bahwa mengatasi masalah penyesuaian diri melalui pendekatan konseling realita di SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2018/2019 mengalami perubahan yang signifikan.en_US
dc.subjectLayanan Konseling Individualen_US
dc.subjectMengatasi Penyesuaian Diri Siswaen_US
dc.titleMengatasi Penyesuaian Diri Melalui Pendekatan Konseling Realita SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020en_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.