Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8983
Title: Perilaku Konsumen Terhadap Permintaan Bayam (Studi Kasus: Pasaraya Medan Mega Trade Center, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang)
Authors: Widiyastuti, Afriani
Keywords: Permintaan;Perilaku Konsumen
Issue Date: 23-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap permintaan Bayam dan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, pendidikan, jumlah tanggungan, dan harga terhadap permintaan Bayam. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling yaitu menentukan sampel berdasarkan kebetulan, maka sampel penelitian adalah konsumen yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti pada saat melakukan transaksi pembelian bayam. Sampel yang diteliti sebanyak 30 sampel konsumen yang membeli bayam. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Secara parsial, variabel harga berpengaruh nyata terhadap permintaan bayam sedangkan variabel pendapatan, pendidikan, jumlah tanggungan tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan bayam pada tingkat kepercayaan 95%. Secara simultan (serempak) jumlah permintaan bayam dipengaruhi oleh, pendapatan, pendidikan, jumlah tanggungan dan harga sebesar 86,6%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 13,4,7%. Hasil pengujian secara statistik diperoleh nilai Multiple R sebesar 0,931 yang mengartikan bahwa secara menyeluruh ada hubungan yang erat antara pendapatan, pendidikan, jumlah tanggungan dan harga terhadap permintaan bayam sebesar 93,1%. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Konsumen lebih memilih bayam yang segar yaitu sebanyak 30 responden (100%). Konsumen yang menyatakan bayam bermanfaat 15 responden (50%) dan yang menyatakan tidak bermanfaat 15 responden (50%). Konsumen yang memilih bayam berdasarkan warna sebanyak 22 responden (73,3%) dan yang memilih bayam tidak berdasarkan warna sebanyak 8 responden (26,7%). Konsumen yang memilih bayam karena rasa sebanyak 24 responden (80%) dan konsumen memilih bayam bukan karena rasa sebanyak 6 responden (20%).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8983
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AFRIANI WIDIYASTUTI.pdf437.63 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.