Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8596
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRizki-
dc.date.accessioned2020-11-06T08:21:43Z-
dc.date.available2020-11-06T08:21:43Z-
dc.date.issued2018-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8596-
dc.description.abstractPier merupakan elemen penting dari suatu struktur bawah jembatan yang berfungsi untuk menyalurkan beban struktur atas jembatan menuju pondasi jembatan yang kemudian diteruskan ke tanah dasar. Perencanaan beban pada jembatan dapat dianalisis menggunakan CSI Bridge yang akan menghasilkan kombinasi pembebanan yang mengakibatkan timbulnya gaya reaksi dan gaya gempa yang diterima. Pada perencanaan ini dilakukan pada jembatan kereta api layang menggunakan 3 tipe pier dengan mutu yang berbeda. Dalam perencanaan pier, terdapat berbagai metode desain, salah satunya adalah strut and tie model. Tugas akhir ini, bertujuan untuk mengetahui keretakan dan penulangan yang terjadi pada struktur pilar dengan mutu yang berbeda dengan strut and tie model dengan beban yang telah dianalisis menggunakan CSI Bridge. Perhitungan strut and tie model dilakukan berdasarkan peraturan ACI Building Code 318-2002, yang meliputi desain strut and tie model, besar gaya yang terjadi, serta penulangan pada pier. Pada analisis strut and tie model dilakukan menggunakan program CAST untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Dengan menggunakan program CAST didapat besar gaya dan tekanan strut and tie yang terjadi pada pier yang berbeda. Dimana didapat persentase keretakan yang terjadi pada 3 tipe pier dengan mutu yang berbeda, yaitu: model 1 fc’ 29,05 = 1% dan pada fc’ 41,5 = 17%; model 2 fc’ 29,05 = 2% dan pada fc’ 41,5 = 29%; model 3 fc’ 29,05 = 18% dan pada fc’ 41,5 = 42%. Sedangkan tulangan yang didapat yaitu: model 1 fc’ 29,05 = 143 D 32 dan pada fc’ 41,5 = 132 D 32; model 2 fc’ 29,05 = 100 D 32 dan pada fc’ 41,5 = 92 D 32; model 3 fc’ 29,05 = 80 D 32 dan pada fc’ 41,5 = 72 D 32..en_US
dc.subjectPieren_US
dc.subjectACI 318-02en_US
dc.subjectstrut and tie modelen_US
dc.titleAnalisis Perbandingan Pier Fly Over Kereta Api Medan Menggunakan Metode Strut And Tie Model Pada 3 Tipe Pier Dengan Mutu Yang Berbeda (Studi Literatur)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RIZKI.pdf5.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.