Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8422
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNaufal, Muhammad-
dc.date.accessioned2020-11-06T06:45:44Z-
dc.date.available2020-11-06T06:45:44Z-
dc.date.issued2018-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8422-
dc.description.abstractJalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen merupakan jalan arteri dari dan ke kota Bireuen, tidak jarang pada ruas jalan tersebut terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi daerah rawan kecelakaan (blackspot), mengetahui hubungan antara nilai jari-jari tikungan, derajat kelengkungan, jarak pandang henti, serta mengetahui hubungan v/c rasio dengan tingkat kecelakaan. Pengumpulan data primer yang meliputi data waktu tempuh rata-rata, kondisi geometrik jalan, perlengkapan jalan di peroleh dari survey di lapangan. Sedangkan data sekunder yang meliputi data LHR dan kecelakaan diperoleh dari Kepolisian Resort Bireuen. Dari hasil analisis geometri jalan kecepatan rencana Jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen sebesar 80 km/jam, tipe jalan 1 jalur, 2 lajur. Hasil analisis diketahui lokasi daerah rawan kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen terletak pada daerah SP 4 Glee Kapai, yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan adalah Jarak pandang henti operasional daerah paling rawan SP 4 Glee Kapai yaitu 55,19 m < 120 m dan Jarak pandang menyiap daerah paling rawan yaitu SP 4 Glee Kapai 246,71 m < 350 m. Sedangkan untuk hubungan antara v/c rasio tingginya tingkat kecelakaan dengan derajat kejenuhan, karena hasil perhitungan derajat kejenuhan dari lokasi survei yaitu kurang dari 1 berarti jalan tersebut lalu lintasnya lancar sehingga para pengendara kemungkinan besar mengendarai dengan kecepatan tinggi sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan.en_US
dc.subjectgeometriken_US
dc.subjectkecelakaanen_US
dc.subjectv/c rasioen_US
dc.titlePengaruh Hubungan Geometrik Jalan Raya Dengan Tingkat Kecelakaan Ruas Jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen, Cot Iju, Paya Meneng, Sp 4 Glee Kapai, Simpang Kameng, Mese (Studi Kasus)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD NAUFAL.pdf3.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.