Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8166
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorArsad, Muhammad-
dc.date.accessioned2020-11-05T17:41:34Z-
dc.date.available2020-11-05T17:41:34Z-
dc.date.issued2019-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8166-
dc.description.abstractMenurut direktorat jendral perkebunan (2012), pohon kelapa merupakan salah satu tanaman yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di indonesia. Kelapa merupakan komuditas penting yang memiliki kontribusi dan peran sangat strategis di hampir semua bidang kehidupan. Dalam setahun produksi kelapa di indonesia mencapai 3,8 juta ton atau setara dengan sekitar 15miliar butir kelapa. Dari satu buah kelapa, sekitar 12% merupakan tempurung kelapa dan dalam setahun menghasilkan 456.000 ton tempurung kelapa. Dari data tempurung kelapa menghasilkan sebuah ide, salah satunya ialah dengan menggunakan tempurung kelapa sebagai bahan pengisi komposit dalam pembuatan kampas rem sepeda motor matic honda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keausan yang paling kecil.Bahan yang digunakan untuk membuat kampas rem berbahan komposit ini adalah serbuk tempurung kelapa, serbuk alumunium, serbuk barium sulfat, serbuk kalsium karbonat, serbuk grafit/arang, aerosol fiberglass, resin dan katalis sebagai pengikatnya. Proses pembuatan dilakukan dengan mencampurkan semua bahan sesuai komposisi yang telah ditentukan, setelah itu melalui proses kompaksi atau penekanan selama 30 menit dengan gaya sebesar 2000kgf kemudian memasuki proses sinteringatau pemanasan selama 30 menit. Pengujian untuk mengetahui tingkat keausan dilakukan dengan menggunakan alat Brake Dynamometer, dengan gaya beban pengereman 500gr, 1000gr, dan 1500gr dari hasil pengujian dapat dihasilkan kampas rem no.1 dengan massa 3 gram serbuk tempurung kelapa memiliki tingkat keausan paling kecil dengan beban pengereman minimum, menghasilkan nilai keausan 1,579x10-7dan, nilai keausan 2,793x10-7pada beban penegereman maximum. Sedangkan kampas rem yang tingkat keausannya paling besar adalah kampas rem no.3 dengan massa beban 5 gram serbuk tempurung kelapa dengan pembebanan minimum menghasilkan nilai keausan 1,214x10-7dan nilai keausan 3,158x10-7 pada beban pengereman maximum. Dan jika sudah memenuhi karakteristik akan dibuat kampas rem yang terbaik dalam bentuk yang lebih baik.en_US
dc.subjectKampas Remen_US
dc.subjectKeausanen_US
dc.subjectGesekanen_US
dc.subjectTempurung Kelapaen_US
dc.titleAnalisis Keausan Kampas Rem Sepeda Motor Berbahan Komposit Serbuk Tempurung Kelapaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD ARSAD.pdf2.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.