Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8023
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Emma Sari-
dc.date.accessioned2020-11-05T08:06:05Z-
dc.date.available2020-11-05T08:06:05Z-
dc.date.issued2018-07-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8023-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten melalui teknik aktivasi terhadap pengembangan sikap dalam kelompok belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Total populasi dalam penelitian ini adalah 84 orang siswa, maka penulis mengambil sampel atau objek berdasarkan siswa yang mengalami masalah tentang kelompok belajar dari setiap kelas sehingga total objek keseluruhan adalah 40 siswa. Jenis penelitian ini adalah eskperimen, yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakukan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten teknik aktivasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 sebanyak 40 siswa dengan 12 item angket dengan nilai tertinggi 58 dan terendah 27. Hasil pengembangan sikap dalam kelompok belajar kelas VIII di SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 sebanyak 40 siswa dengan 12 item angket dengan nilai tertinggi 59 dan terendah 33. Berdasarkan hasil perhitungan yang peneliti lakukan maka terdapat pengaruh layanan penguasaan konten teknik aktivasi terhadap pengembangan sikap dalam kelompok belajar, karena > yaitu 7,312 > 1,685 dan > 0,538 > 0,257 berarti ada pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Hal ini menunjukan bahwa ditolak diterima. Hasil uji determinasi diperoleh sebesar 28,9% selebihnya 71,1% dipengaruhi oleh variabel lain.en_US
dc.subjectLayanan Penguasaan Konten Teknik Aktivasien_US
dc.subjectPengembangan Sikap dalam Kelompok Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Aktivasi Terhadap Pengembangan Sikap dalam Kelompok Belajar Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 57 Medan Tahun Ajaran 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf4.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.