Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8017
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIchsan, M-
dc.date.accessioned2020-11-05T07:59:18Z-
dc.date.available2020-11-05T07:59:18Z-
dc.date.issued2019-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8017-
dc.description.abstractPerkembangan sarana transportasi jalan raya sering sekali membentuk pertemuan dengan sarana transportasi jalan rel. Pada perlintasan kecelakaan antara kendaraan bermotor dan kereta api sering terjadi. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan dan merekomendasikan layak tidaknya perlintasan sebidang menurut pedoman teknis perlintasan sebidang antara jalan rel dengan jalan raya yang di keluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan apa yang ada di perlintasan sebidang Mandala By Pass. Kelayakan perlintasan sebidang dapat ditinjau dari fasilitas perlintasan, geometri jalan, marka dan rambu. Dari hasil survey di lapangan volume lalu lintas harian rata-rata sebesar 5.969 kend/hari sedangkan frekuensi kereta api yang melintas sebanyak 40 kereta api pada jam sibuk Pagi, Siang, Sore dan hasil perkalian antara LHR dengan frekuensi kereta api yang melintas sebesar 125.080 smpk, dimana nilai LHR dan frekuensi kereta api yang lewat tersebut melebihi syarat penentuan perlintasan sebidang yang di buat oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Perhitungan jarak henti yang aman sangat berpengaruh dalam meningkatkan keselamatan dan kemanaan saat melintasi perlintasan, hasil perhitungan ini dapat dijadikan sebagai tanda untuk pengendara mengurangi kecepatannya dengan memasang ramburambu peringatan. Dimana jarak henti yang aman untuk pengendara bersiap-siap mengurangi kecepatanya dari jalur arah Denai-Mandala By Pass sejauh 152 meter dan dari jalur arah Letda Sujono-Mandala By Pass sejauh 140 meteren_US
dc.subjectKeselamatanen_US
dc.subjectRambuen_US
dc.titleStudi Keselamatan dan Keamanan Transportasi Diperlintasan Sebidang Rel dengan Jalan Raya (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Mandala By Pass Kota Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Studi Keselamatan dan Keamanan Transportasi.pdf4.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.