Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8001
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutri, Nurainun Myolanda-
dc.date.accessioned2020-11-05T07:15:50Z-
dc.date.available2020-11-05T07:15:50Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8001-
dc.description.abstractPenelitian ini dibatasi pada peningkatan sikap optimis siswa kurang mampu untuk melanjutkan studi Sekolah Menengah Atas melalui konseling kelompok di SMP TAMANSISWA MEDAN tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini bertujuan mendapatkan data apakah konseling kelompok yang dilakukan berhasil meningkatkan sikap optimis siswa kurang mampu umtuk melanjutkan studi ke sekolah menengah atas melalui konseling kelompok di SMP TAMANSISWA MEDAN tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Tamansiswa Medan T.A 2018-2019 yang berada di Jl. Bakaran Batu No.18, Sei Rengas Permata, Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20111. Setelah dilakukan pendekatan layanan konseling kelompok pada siswa dikelas VIII di SMP Tamansiswa tahun pembelajaran 2018/2019 ternyata hal ini dapat membantu para siswa-siswi dalam meningkatkan sikap optimisnya menjadi lebih baik lagi. Sikap tidak optimis oleh beberapa siswa di sekolah ini muncul karena beberapa faktor, antara lain faktor ekonomi. Melihat hal ini pihak sekolah dan guru bimbingan dan konseling sering memberikan arahan dengan mengajak siswa melakukan layanan bimbingan dan konseling dengan memahami diri siswa tersebut serta memperhatikan aspek-aspek apa saja yang membuat mereka tidak bisa meningkatkan sikap optimisnya. Hal ini dilakukan dengan maksud agar para siswa-siswi dapat berkembang secarah utuh.en_US
dc.subjectLayanan Konseling Kelompoken_US
dc.subjectSikap Optimisen_US
dc.titlePenerapan Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Sikap Optimis Siswa Kurang Mampu Ekonomi Untuk Melanjutkan Sekolah Menengah Atas Kelas VIII SMP Tamansiswa Medan T.A 2018-2019en_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.