Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7961
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnnisha, Rizkia Tri-
dc.date.accessioned2020-11-05T06:22:52Z-
dc.date.available2020-11-05T06:22:52Z-
dc.date.issued2019-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7961-
dc.description.abstractRuas jalan Kisaran–Air Joman–Watas Kota Tanjung Balai adalah ruas jalan yang berada di Kabupaten Asahan dan Kabupaten Batubara yang mengalami peningkatan signifikan dimana panjang jalan dalam kondisi sedang meningkat 13,01 %, panjang jalan dalam kondisi rusak menurun 15,58 %, dan panjang jalan dalam kondisi rusak berat menurun 55,55 % (Data Statistik Kabupaten Asahan). Sebagai tindak lanjut upaya untuk terus meningkatkan pembangunan insfrastruktur jalan ini maka dalam penelitian ini dilakukan perencanaan perkerasan lentur (flexible pavement) yaitu perkerasan struktur yang terdiri dari lapisan permukaan, lapisan pondasi atas, lapisan pondasi bawah dan lapisan tanah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tebal lapis perkerasan lentur dengan metode Bina Marga dan metode AASHTO 1993 dan mengetahui perbandingan tebal perkerasan lentur pada ruas jalan Kisaran–Air Joman–Watas Kota Tanjung Balai. Dari hasil analisa Metode Bina Marga didapat tebal lapisan pondasi bawah (Sub Base Coarse) dengan jenis bahan sirtu (kelas A) sebesar 16 cm, lapisan pondasi atas (Base Coarse) dengan jenis batu pecah (kelas A) sebesar 20 cm, lapisan permukaan (Surface Coarse) dengan jenis Lasbutag MS 590 kg sebesar 7,5 cm. Sedangkan untuk Metode AASHTO 1993 didapatkan tebal lapisan pondasi bawah (Sub Base Coarse) dengan jenis bahan sirtu (kelas A) sebesar 20 cm, lapisan pondasi atas (Base Coarse) dengan jenis bahan batu pecah (kelas A) sebesar 15 cm, dan lapisan permukaan (Surface Coarse) dengan jenis bahan Lasbutag MS 590 kg sebesar 20 cm.en_US
dc.subjectPerkerasan lenturen_US
dc.subjectMetode Bina Margaen_US
dc.subjectMetode AASHTO 1993en_US
dc.titleStudi Perbandingan Perkerasan Lentur Metode Bina Marga Dan Metode Aashto 1993 Dengan Menggunakan Uji Dynamic Cone Penetrometer (Ruas Jalan Kisaran – Air Joman – Watas Kota Tanjung Balai) (Studi Kasus)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RIZKIA TRI ANNISHA.pdf1.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.