Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7937
Title: Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotive Therapy (RET) Dalam Meningkatkan BerpikirPositif Siswa Kelas XI SMAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Authors: Saragih, Cahaya Bulan
Keywords: Konseling Kelompok;Rational Emotive Therapy (RET);Meningkatkan Berpikir Positif.
Issue Date: 14-Oct-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran berpikir positif siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotive therapy. Tingkat berpikir positif siswa sebelum dilakukan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotive therapy berada pada kategori sangat rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen. Objek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI yang tingkat berpikir positifnya rendah. Penelitian ini menggunakan model One Group Pre-Test and Post-Test Design dengan pemberian konseling kelompok rational emotivetherapysebagai bentuk perlakuan. Dari hasil analisis data kelompok dengan menggunakan penghitungan SPSS 22.0 for windows evaluation dan dapat diketahui mean dari siswa yang telah diberikan pretest dan posttestsebesar 25,25 dan standar devitasi sebesar 7,40. Nilai uji t-9,649 tanda (-) negative dan nilai Sig,(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, hipotesis penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada skor berpikir positif siswa antara sebelum dan sesudah dilakukan penerapan konseling kelompok dengan pendekatanrational emotivetherapy.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7937
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI CAHAYA BULAN.pdf4.89 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.