Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7909
Title: pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realitas terhadap perubahan perilaku prokrastinasi siswa kelas VII SMP AL-Hidayah tahun ajaran 2016/2017
Authors: Ariani.
Keywords: Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Realita;Prilaku Prokrastinasi
Issue Date: 5-Mar-2017
Abstract: Adapun yng menjadi rumusan dalam masalah ini adalah bagaimana kan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realita terhadap perubahan perilaku prokrastinasi siswa kelas VII SMP Al-hidayah medan tahun pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realita terhadap perubahan perilaku prokrastinasi siswa kelas VII SMP Al-hidayah medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP AL-hidayah medan. Adapun populasi penelitian ini berjumlah 160 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang diambil ini purposive sampling yaitu sampel yang memiliki ciri-ciri tertentu dalam penelitian adalah anak yang memilik prilaku prokrastinasi yang berjumlah 27 siswa. Data yang diambil menggunakan instrumen angket skala likert yang berjumlah 18 item yang kemudian diuji validitas hingga mendapatkan 16 item yang menjaring data layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan realita dan 12 item pernyataan untuk menjaring data prilaku prokrastinasi. Hasil analisis korelasi termaksud dalam kategori interprestasi cukup. Mengemukakan adanya hubungan positif antara layanan bimbingan kelompok dengan prilaku prokrastinasi siswa, nilai ๐‘Ÿโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 0,5050 Dan ๐‘Ÿ๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 0,381 jadi ๐‘Ÿโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” >๐‘Ÿ๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ atau 0,5050>0,381 dari hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan realita terhadap perubahan prilaku prokrainasi siswa berdasarkan nilai determinasi r2 diperoleh nilai sebesar 0,2550 .hal imi menujukkan prilaku prokrastinasi siswa sebesar 25,50 % Kemudian dapat dilihat dari pengujian dari hipotesis uji โ€œtโ€ diketahui adanya pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok dengan pendekatan realita dan prilaku prokrastinasi dengan ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ yaitu 2,9255>2,0518 berdasarkan perhitungan diatas diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” 2,9255 sedangkan ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ 2,0518 maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Realita Terhadap Perubahan Prilaku Prokrastinasi Siswa Kelas VII Smp Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7909
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARIANI.pdf1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.