Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7851
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Fadzil Noor-
dc.date.accessioned2020-11-05T04:30:41Z-
dc.date.available2020-11-05T04:30:41Z-
dc.date.issued2019-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7851-
dc.description.abstractSplit Mastic Asphalt (SMA) adalah suatu lapisan permukaan tipis, mempunyai ketahanan yang baik terhadap alur (rutting) dan mempunyai durabilitas yang tinggi sehingga SMA cocok digunakan untuk lapisan permukaan jalan berlalu lintas berat. Material utama penyusun adalah agregat dan aspal, Penelitian ini mencoba menggunakan serat ijuk sebagai bahan tambah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai karakteristik Marshall pada campuran aspal dengan menggunakan serat ijuk sebagai bahan tambah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan serat ijuk akan mempengaruhi karakteristik campuran aspal. Dari data Marshall Test yang didapatkan diperoleh nilai tertinggi stabilitasnya sebesar 739 kg, bulk density sebesar 2,230 gr/cc, flow sebesar 2,68 mm, void in mineral aggregate sebesar 17,37%, Air Voids 4,90% Sehingga dapat disimpulkan bahwa kandungan serat ijuk memenuhi persyaratan Marshall Test.en_US
dc.subjectSerat Selulosaen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Serat Ijuk Sebagai Bahan Penambah Serat Selulosa Pada Campuran Split Mastic Asphalt (SMA)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.