Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7820
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Sitinjak, Ilhaderi Sanjayana | - |
dc.date.accessioned | 2020-11-05T03:45:01Z | - |
dc.date.available | 2020-11-05T03:45:01Z | - |
dc.date.issued | 2019-05-18 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7820 | - |
dc.description.abstract | Peran guru bimbingan konseling senantiasa berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang memfasilitasi perkembangan konseli. Konselor dan personel Sekolah lainnya secara sinergi sebagai teamwork berkolaborasi atau bekerjasama merencanakan dan melaksanakan program bimbingan secara sistematis dan berkesinambungan dalam upaya membantu konseli mencapai tugas-tugas perkembangannya. Kualitas hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh peran guru Bimbingan Konseling. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil belajar siswa. Penelitian juga berupaya untuk menguji hubungan peran guru Bimbingan Konseling terhadap kualitas hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMK T. Amir Hamzah Indrapura Tahun Ajaran 2019/2020 dengan populasi sebanyak 150 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan untuk menguji hubungan antara kedua variabel digunakan statistik parametrik yaitu Pearson Correlation. Penelitian menjelaskan bahwa: (1) tingkat capaian responden mengenai peran guru Bimbingan Konseling secara keseluruhan standar deviation sebesar 7,148 , (2) tingkat capaian responden mengenai kualitas hasil belajar siswa secara keseluruhan standar deviation sebesar 11,74 , dan (3) koefisien korelasi peran guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil belajar siswa sebesar 0,481. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara umum peran guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil belajar siswa sedang dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara peran guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil belajar siswa. | en_US |
dc.subject | Persepsi, Peran | en_US |
dc.subject | Kualitas. | en_US |
dc.title | Hubungan Peran Guru Bimbingan di SMK T.Amir Hamzah Indrapura Tahun Ajaran 2019/2020 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Guidance and Counseling |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ILHADERI SANJAYANA SITINJAK.pdf | 835.98 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.