Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7785
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Asrul Ardian-
dc.date.accessioned2020-11-05T02:53:55Z-
dc.date.available2020-11-05T02:53:55Z-
dc.date.issued2019-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7785-
dc.description.abstractPelabuhan Belawan merupakan salah satu bentuk jasa transportasi laut yang sangat berarti bagi perkembangan dan peningkatan sumber daya alam dan taraf hidup penduduk di daerah Sumatera Utara Khususnya Kota Medan. Bertitik tolak dari kondisi dermaga angkutan penumpang di pelabuhan Belawan yang tidak cukup dalam menampung barang dan penumpang yang semakin meningkat dan kunjuangan kapal yang sepi, membuat keadaan dermaga menjadi tidak teratur dan tidak nyaman. Dengan demikian dermaga angkutan penumpang di pelabuhan belawn sudah harus mengalami penataan dan pelayanan yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan dan mengevaluasi data sekunder yaitu data operasi pelabuhan selama 2 tahun terakhir (tahun 2017 sampai dengan tahun 2018). Analisis pelayanan fasilitas Dermaga Penumpang Dipelabuhan Belawan dilakukan berdasarkan ramalan arus naik turun penumpang dan arus kunjungan kapal dengan menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil ramalan pada tahun 2019 dan 2023 untuk jumlah penumpang yang naik adalah 83287 orang dan 87303 orang, dan penumpang turun adalah 61908 orang dan 51896 orang dengan sistem pelayanan arus lebih baik, untuk jumlah kunjungan kapal 1400 call dan 1437 call dengan sistem pelayanan harus lebih baiken_US
dc.subjectDermagaen_US
dc.titleAnalisis Tingkat Pelayanan Dermaga Angkutan Penumpang Di Pelabuhan Belawanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
asrul ardian 1407210198 analisis tingkat pelayanan dermaga a.pdf3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.