Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7742
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMulia, Anisa Fitri-
dc.date.accessioned2020-11-05T02:08:30Z-
dc.date.available2020-11-05T02:08:30Z-
dc.date.issued2019-10-05-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7742-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiya 57 Medan. Konseling kelompok dengan teknik diskusi ialah layanan yang bertujuan untuk mengubah kebiasaan buruk siswa yang mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desainone-group pretest-posttest design. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan 33 pernyataan. Sampel pada penelitian ini 6 siswa dengant eknik diskusi. Berdasarkan dari hasil uji normalitas dapat diketahui bahwa hasil hasil perhitungan rata-rata mean skor kesulitan belajar sebelum diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi adalah 126,3333 dan mean setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi 72,8333. Sementara hasil kolmograf- smirnov yang diperoleh adalah sebelum (pre-test) 0,259 dan sesudah (post-test) 0,256 maka p lebih besar dari > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Dan hasil asymp. Sig (2-tailed) adalah sebelum (pretest) 0,200 dan sesudah (posttest) 0,200 maka dari hasil analisis tersebut, diketahui bahwa di mana Ho ditolak berarti distribusi pre-test dan post-test berbentuk normal. Berdasarkan tabel hasil uji T-Test pada tingkat penurunan kesulitan belajar dan post-test pada siswa menunjukkan asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.000 maka sig. (2-tailed) < 0,05 atau sig. 0,000 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik diskusi berpengaruh dalam menurunkan kesulitan belajar pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan.en_US
dc.subjectKesulitan Belajar Siswaen_US
dc.subjectTeknik Diskusien_US
dc.subjectLayanan Konseling Kelompok.en_US
dc.titlePenerapan Layanan Konseling Kelopok Dengan Teknik Diskusi Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan tahun ajaran 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi anisa 1502080054.pdf3.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.