Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/771
Title: Strategi Pengembangan Usaha Gula Merah Nira Kelapa Sawit (Elaeisguineensis Jacq)
Other Titles: Studi Kasus : Desa Melati Ii Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai
Authors: Sari, Lili Purnama
Keywords: Gula Merah;Pendapatan;Analisis Kelayakan;Strategi
Issue Date: 20-Mar-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan, analisis kelayakan dan strategi pengembangan usaha gula merah nira kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) (Studi kasus : Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai) pada bulan Desember 2018 sampai bulan Februari 2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif untuk mengetahui tingkat pendapatan dan analisis kelayakan usaha gula merah nira kelapa sawit dan analisis deskriptif untuk menjelaskan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) untuk melihat lingkungan internal yaitu kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal yaitu peluang dan ancaman usaha gula merah nira kelapa sawit. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pendapatan sebesar Rp. 1.014.758 dan analisis kelayakan R/C sebesar Rp. 1,29 dan B/C sebesar Rp. 0,29 bahwa usaha gula merah nira kelapa sawit layak diusahakan tetapi tidak untuk investasi. Beberapa alternatif strategi usaha gula merah nira kelapa sawit S-O (Strengths-Opportunities) : Mempertahankan jumlah produksi dan kualitas produk agar keinginan konsumen selalu terpenuhi serta bekerja sama dengan industri pangan yang memakai bahan baku gula merah. Strategi S-T (Strengths-Threats) : Meningkatkan produksi dengan menambah inovasi produk kemudian melakukan promosi ke media sosial atau mengikuti bazar untuk memperluas pasar. Strategi W-O (Weaknesses-Opportunities) : Menciptakan tampilan gula merah lebih menarik dan memanfaatkan perkebunan setempat untuk lebih mudah dalam mendapatkan bahan baku. Strategi W-T (Weaknesses-Threats) : Menambah informasi jadwal replanting untuk menghindari kurangnya bahan baku. Strategi yang menjadi strategi prioritas untuk diterapkan adalah strategi W-O (Weaknesses-Opportunities) : Menciptakan tampilan gula merah lebih menarik dan memanfaatkan perkebunan setempat untuk lebih mudah dalam mendapatkan bahan baku.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/771
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FULL TEXT.pdfFulltext1.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.