Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7698
Title: Uji Eksperimental Tahanan Gesek Pada Mobil Hemat Energi (MHE)
Authors: Katresnan, Bambang
Keywords: Prototipe;Tahanan Gesek;Aerodinamika
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Ujieksperimentalini dilakukan untuk mengetahuitahanangesek padaketiga jenismobil prototipe hemat energiyang dibedakan dengan bentuk dan ditandai dengan warna yang berbeda,pada bentuk prototipe mobil pertama memiliki bagian depan yang runcing dan ditandai dengan warna merah,yangkedua memiliki bagian depan yang oval dan ditandai dengan warna hijau dan pada mobil ketiga memiliki bagian depan yang petak dan ditandai dengan warna kuning. Pengujiannya menggunakan alat uji sub sonic wind tunneldengan kecepatan angin yang bervariasi yaitu dengan kecepatan 2 m/s, 4 m/s, 6 m/s, 8 m/s, 10 m/s, 12 m/s, dan mendapatkan hasil yaitu pada kecepatan angin 2 m/s diperoleh hasil koefisien gesek pada mobil prototipeyang pertama yang ditandai dengan warna merah adalah 0,0192631 dan pada mobil prototipe yang kedua yang ditandai dengan warna hijau adalah 0,0149649 dan pada prototipe yang ketiga ditandai dengan warna kuning adalah 0,1594007. Sedangkan pada kecepatan angin 12 m/s koefisien geseknya turun menjadi0,0017411 pada mobil prototipe yang pertama ditandai dengan warna merah, 0,00144523 pada mobil prototipe yang kedua ditandai dengan warna hijau dan 0,00983174 pada mobil prototipe yang ketiga ditandai dengan warna kuning.Prototipe mobil hijau memiliki koefisien gesek paling rendah dibanding dengan mobil merah dan kuning dengan nilai koefisien gesek sebesar 0,00144523 yang dipengaruhi oleh rancangan desain bagian depan.Sehingga mobil prototipewarna hijau memiliki aerodinamis yang paling baik diantara mobilprototipelainnya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7698
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BAMBANG KATRESNAN.pdf4.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.