Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7680
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiregar, Ahmad Fadli-
dc.date.accessioned2020-11-04T20:06:13Z-
dc.date.available2020-11-04T20:06:13Z-
dc.date.issued2019-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7680-
dc.description.abstractPenulisan tugas sarjana ini membahas tentang analisa tegangan pada blok selinder dengan variasi diameter dan sirip blok, penelitian ini dilakukan karena perkembangan teknolog motor bakar saat ini tidak terlepas dari peran salah satu elemen mesin yaitu blok selinder menjadi satu komponen utama dalam satu mesin pembakaran, oleh karena itu blok selinder menjadi pusat pada setiap gerakan piston dalam proses pembakaran. Pada umumnya pembakaran pada blok selinder berbahan besi cor harus dapat menampung momen inersia yang dihasilkan oleh gerakan naik turun piston. Sehingga fungsi utama dari blok selinder mengubah minyak menjadi gas dalam proses pembakaran menjadi gerak putar naik turun piston untuk menghasilkan sebuah tenaga. Dan adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana menganalisa struktur blok selinder dengan menggunakan program simulasi Ansys dengan variasi diameter bantalan jalan dari ketiga model blok selinder yang di desain. Serta penelitian ini bertujuan untuk mencari total dan tegangan maksimal dari ketiga model blok selinder yang di desain. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga atau simulasi software Ansys. Adapun sumber data yang digunakan berasal dari jurnal-jurnal dan buku-buku serta situs internet yang membahas tentang analisa tegangan dan blok selinder. Berdasarkan analisa dan simulasi yang dilakukan diperoleh data bahwa model blok selinder dengan diberi beban 300 N pada blok model ke 3 dengan diameter dan sirip yang berbeda dengan memiliki nilai total deformasi yang paling rendah begitu juga dengan nilai tegangan pada eqivalen stress yang didapat dari pengujian ketiga model blok selinder tersebut dan dapat diartikan nilai total deformasidan tegangan eqivalen berbanding lurus, dapat disimpulkan bahwa model poros engkol yang paling rendah memiliki perubahan total deformasi dan eqivalen stress paling kecil.en_US
dc.subjectBlok selinderen_US
dc.subjectTeganganen_US
dc.subjectANSYSen_US
dc.titleKonstruksi Manufaktur Analisa Tegangan Pada Blok Silinder Motor Bakar Satu Silinder Dengan Daya Maksimum 1 HP Menggunakan Perangkat Lunak ANSYSen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SIKRIPSI AHMAD FADLI SIREGAR.pdf3.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.