Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7623
Title: Analisis Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Form Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa
Authors: Tanjung, Ulya Mahfuza
Keywords: Model Pembelajaran Blended Learning;Google form;Keaktifan belajar siswa
Issue Date: 2019
Abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah Analisis Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Form Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis google form. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan menganalisa 10 jurnal yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data menggunakan alat instrumen berupa observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya menyatakan bahwa :menggunaan model pembelajaran blended learning lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan sistem tatap muka maupun dengan sistem e- learning atau pembelajaran online. Manfaat blended learning antara lain proses belajar mengajar tidak hanya tatap muka saja tetapi ada penambahan waktu pembelajaran dengan memanfaatkan media online. Mempermudah dan mempercepat proses komunikasi antara guru dengan siswa (mitra belajar), serta membantu proses perceptan pengajaran. Membantu memotivasi keaktifan siswa untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini akan membentuk sikap kemandirian belajar pada siswa seperti siswa mencari materi dalam berbagai cara antara lain mencari keperpustakaan, menanyakan kepada teman kelas atau teman saat online, membuka website, mencari materi belajar melalui portal maupun blog.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7623
Appears in Collections:Guidance and Counseling



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.