Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7608
Title: Komunikasi Pembangunan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan Dalam Meningkatkan Eksistensi Pasar Tradisional Halat (Studi Pada Pasar Tradisional Halat Medan)
Authors: Hanunim
Keywords: Eksistensi;Komunikasi Pembangunan;Pasar Tradisional.
Issue Date: 20-Feb-2019
Abstract: Kehadiran pasar modern menggeser kegiatan ekonomi rakyat yang bergerak di pasar tradisional. Adanya pasar modern menjadi kekhawatiran tersendiri oleh sebagian pedagang di pasar tradisional maka Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan terus berupaya untuk menghidupkan pasar tradisional agar tidak tergeser oleh keberadaan pasar modern yang kian merata diberbagai tempat. Sehingga eksistensi pasar tradisional dan minat masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional terus meningkat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Pembangunan yang digunakan oleh Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan untuk meningkatkan eksistensi pasar Halat agar tingkat eksistensinya tidak tergeser oleh pasar modern. Untuk menganalisisnya digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknis analisis data model interaktif menurut Miles & Huberman. Untuk mengetahui hasilnya melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah perencanaan Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan untuk memberdayakan pasar tradisional adalah melalui membuat program penataan pasar, meletakkan pedagang berdasarkan jenisnya, melakukan pemeliharaan pasar dan komunikasi pembangunan yang digunakan untuk meningkatkan ekistensi pasar tradisional adalah strategi berdasarkan desain instruksional, partisipatori, dan pemasaran. Temuan dalam penelitian ini adalah keberadaan pasar modern bukanlah faktor utama sepinya pembeli disebagian pasar tradisional. Pasar modern dan pasar tradisional mempunyai target pasar dan segmentasi yang berbeda sesuai dengan tingkat ekonomi dan kebutuhan konsumen. Walaupun temuan yang ditemukan seperti itu Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan masih terus melakukan upaya komunikasi pembangunan di seluruh pasar di kota Medan agar tingkat eksistensinya tidak tergeser dengan keberadaan pasar modern.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7608
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HANUNIM.pdf8.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.