Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7530
Title: eranan Komunikasi Kelompok Dalam Menjalin Solidaritas Pada Komunitas Anak Vespa Di Kota Medan
Authors: Nusantari, Ekky
Keywords: Peranan Komunikasi;Komunikasi Kelompok;olidaritas;Komunitas Anak Vespa
Issue Date: 5-Mar-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peranan komunikasi, solidaritas pada komunitas anak vespa, menjalin tali silaturahmi, mempererat persaudaraan, dan mendeskripsikan bagaimana anak vespa menanggapi pandangan masyarakat yang sering mengidentikkan komunitas vespa di kota Medan dengan hal-hal yang urakan, berisik dan juga negatif. Pelaksana penelitian ini membutuhkan kerangka teori sebagai pedoman dasar berpikir dan berfungsi untuk mendukung analisis yang diteliti. Sebelum melakukan penelitian yang lebih lanjut, seorang peneliti perlu menyusun kerangka teori sebagai landasan untuk menggambarkan dari segi mana peneliti menyorot masalah yang dipilihnya. Dalam penelitian ini, teori-teori yang di anggap relevan adalah teori laswell. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian analisis deskriptif kualitatif, yaitu untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi kelompok dalam menjalin solidaritas pada komunitas anak vespa di kota Medan dengan teknik pengumpulan data yang ada. Menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif, sesuai wawancara dan observasi. Adapun objek penelitian ini ada lima orang yang merupakan para anggota komunitas Bonaro Racing Team. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran komunikasi dalam komunitas sangat berarti tidak hanya sebagai wadah tempat berkumpulnya para pengguna vespa tetapi sebagai media informasi tentang vespa serta arti solidaritas lebih dimaknai oleh mereka agar solidaritas itu tetap terjaga.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7530
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ISI SKRIPSI.pdf3.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.