Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7410
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNst, Diah Alawiah-
dc.date.accessioned2020-11-04T04:31:39Z-
dc.date.available2020-11-04T04:31:39Z-
dc.date.issued2019-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7410-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model komunikasi persuasif pendidik dalam proses belajar mengajar anak autis. Teori yang digunakan yaitu komunikasi persuasif yang bertujuan untuk mengubah kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan yang diharapkan oleh komunikator. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berdasarkan riset lapangan (field research), serta yang menjadi informan penelitian ini sebanyak empat (4) orang, dua merupakan pendidik dikelas SD, dan dua lainnya merupakan pendidik dikelas terapi. Pengumpulan data digunakan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendiskripsikan komunikasi persuasif pendidik dalam proses belajar mengajar anak autis dan hambatan yang dihadapi pendidik dalam membimbing anak autis dalam proses belajar mengajar. Autis bukanlah suatu penyakit fisik tetapi merupakan sindroma (kumpulan gejala) dimana terjadi penyimpangan perkembangan sosial, kemampuan berbahasa, dan kepedulian terhadap sekitar sehingga anak autis hidup dalam dunianya sendiri. Disinilah guru dituntut untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran anak berkebutuhan khusus membutuhkan sesuatu pola tersendiri sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, yang berbeda antara satu dengan lainnya. Dalam belajar ada beberapa jenis-jenis belajar, yaitu belajar arti kata-kata, belajar menghafal, belajar berpikir, belajar keterampilan motorik. Dan dalam proses aktivitas belajar ada beberapa kegiatan atau aktivitasnya, yaitu mendengarkan, membaca dan menulis, komunikasi interpersonal diantaranya komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Hambatan yang dihadapi pendidik dalam membimbing anak autis dalam proses belajar mengajar yaitu dimensi proses yang ketidakmampuan menerima informasi, dimensi produk yaitu kesulitan dalam belajar, dimensi akademik yaitu kesulitan dalam mengikuti pelajaran dan pemahamanen_US
dc.subjectKomunikasi Persuasif Pendidiken_US
dc.subjectKomunikasi Persuasif Pendidik,en_US
dc.titleModel Komunikasi Persuasif Pendidik Dalam Proses Belajar Mengajar Anak Autis Di Pondok Peduli Autis Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DIAH 2019-converted.pdf3.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.